Rujak manis aneka buah, pedasnya nendang lho!

Siang-siang di rumah enaknya bikin cemilan apa ya? hmmm…kok ya pas lagi ada stok buah-buahan, ada bengkoang, nanas, mangga manalagi..yang ini memang rasanya juara, apel malang, jambu air, timun dan pepaya muda. Stok kacang tanah goreng juga masih banyak dan yang penting gula merah dari kelapa, bukan yang dari aren ya. Rujak manis ini memang […]

Jus nanas dan wortel yang simpel

Di tempat saya tinggal ini beruntung banget menjadi daerah penghasil buah nanas madu terbaik yang pernah saya rasakan. Rasanya manis dan tidak banyak getah yang kadang bisa bikin tenggorokan berasa gatal. Harganya pun cenderung cukup murah dilangganan kami beli di pasar, dibanderol 10 ribuan per buah untuk ukuran super besar dan itupun sudah dikupas. Nanas […]

Resep cendol tanpa air kapur dan daun suji

Siapa yang ga tahu cendol? Hampir semua pasti tahu dong. Memang bukan satu-satunya camilan favorit, tapi cedol bisa kita temukan dengan mudah dengan berbagai varian penyajiannya. Kebayang ga kalo ternyata kita bisa bikin cendol sendiri dengan mudah. Meski kadang-kadang ga semua bahan bisa tersedia, tapi rasa dan teksturnya masih ‘cendol’ banget kok. Kali ini kita […]

Membuat kue Nastar, sajian khas lebaran

Ini dokumentasi sejak 3,5 tahunan yang lalu saat mas Zakir baru lahir dan orang tua berkunjung ke Samarinda pas lebaran juga. Pas juga bahan-bahan kue lagi tersedia di rumah karena memang niatnya mau belajar bikin nastar. Ya..nastar buatan ibuku memang yahud sejak dulu dan rasanya selalu konsisten. Nastar ini senantiasa menemani acara silaturahim tahunan saat […]

Resep dadar jagung renyah

Siapa tidak suka dadar jagung? Atau barangkali sebagian orang menyebutnya dengan bakwan jagung. Masakan yang di beberapa tempat memiliki ciri khas masing-masing dengan aneka isian campuran sayur. Nah, dadar jagung kali ini yang dibikin ala Jawa Timur-an, dan anak-anak suka sekali. Saya suka menambahkan isian aneka sayuran seperti wortel, sayur kol dirajang halus (jangan langsung […]

Terong bakar endes…

Apa ??!!! Terong bakarrr….Biasa aja kelesss. Respon awal paksu Vidiawan juga begitu waktu disajikan terong dibakar seperti ini. Maklum baru pertama kalinya makan dan beliau suka banget rasanya enyaaaak loooooh hihi… Kalo dibanding terong yang digoreng, kami lebih memilih terong yang dibakar. Karena ga terlalu nyerap minyak dan rasanya unik. Kok bisa saya punya ide terong dibakar […]

Sambel terasi maknyus

Siapa disini yang kalo makan ga pake sambel, mending ga makan ??? Sayaaaaa!!Yap.. saya dan suami adalah penyuka sambel. Dari sambel bajak, sambel bawang, sambel terasi, sambel matah, sambel tomat. Kadang kalo lagi males bikin sambel, bikin yang simpel aja, ambil cabe cuci bersih diuleg tambahin garam dan kecap manis, jadi deh sambel kecap hahaha ..Beneran, […]

Perlukah udang dikupas kulitnya sebelum dimasak ?

Bagi penyuka seafood seperti saya, udang merupakan salah satu bahan makanan favorit untuk dimasak. Udang yang masih segar bisa dilihat dari kondisi fisik tubuhnya, warnanya tidak merah dan aromanya masih ‘harum’ ala-ala udang. Tak sulit untuk mencari udang segar di kota tempat keluarga kami tinggal sekarang. Kenapa saya lebih senang memasak udang sendiri daripada beli […]

Udang saus merah, pedasnya nendang di lidah

Di Samarinda tidaklah sulit untuk membeli udang, dari yang ukuran kecil sampai yang besar. Di pasar atau paklek sayur juga pasti ada, tetapi perlu dipilih udang yang kondisinya masih segar untuk dimasak. Masak udang ini simple banget. Potong-potong lalu cemplung ditumis jadi deh .. hehehe..Saya suka udang. Diolah masakan apapun suka, asal gak mentah ya […]

Capcay wortel & baby corn, menu maksi sehat lho!

Cuaca masih sering berubah-ubah, sehabis hujan langsung disambut dengan terik matahari siang. Badan harus tetap fit dan bugar agar tidak gampang sakit. Beginilah suasana kota Samarinda saat musim pancaroba, dari musim penghujan menuju kemarau berlangsung. Harus selalu ada nutrisi dari olahan sayuran yang membuat anak-anak lahap untuk menyantapnya. Nah, siang-siang gini enaknya membuat menu yang […]