Rujak manis aneka buah, pedasnya nendang lho!

Siang-siang di rumah enaknya bikin cemilan apa ya? hmmm…kok ya pas lagi ada stok buah-buahan, ada bengkoang, nanas, mangga manalagi..yang ini memang rasanya juara, apel malang, jambu air, timun dan pepaya muda. Stok kacang tanah goreng juga masih banyak dan yang penting gula merah dari kelapa, bukan yang dari aren ya.

Rujak manis ini memang cemilanku dulu waktu masih kuliah di kota Malang. Bagi yang tinggal di kota Malang dan suka blusukan cari kuliner pinggir jalan, pasti ngerti gerobak rujak manis di belakang UMM tembusan ke arah wearness. Rujaknya simple bikinnya, tanpa petis dan rasanya nendang banget. Tahun kemarin pas kita mudik ternyata bapaknya udah ga jualan lagi disana, diganti orang lain. Sayangnya konsistensi rasanya sudah berubah. Aku inget banget rasa khas rujaknya karena menjadi pelanggan setia sekian tahun selama masih tinggal di kota Malang.

Bagi yang rindu dengan rujak manis, resep ini bisa dicoba. Pas juga lagi kondisi kayak gini yang menuntut kita harus banyak di rumah dan menghindari keluar rumah kalo tidak ada kepentingan mendesak. Nyemil sehat aneka buah dicocol pake bumbu rujak manis…hmmm…siapa yang ga ngiler coba…

Untuk resep, bahan dan caranya bisa lihat di youtube ya..atau bisa dicatet di bawah ini

bahan bumbu rujak

  • 200 gr gula merah (disarankan jangan gula aren, karena rasanya beda)
  • 150 gr kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan
  • 5 siung bawang putih, diiris tipis dan digoreng
  • 5-7 butir cabe rawit
  • 1/2 sendok teh asam jawa
  • garam secukupnya

bahan isiannya

  • bengkoang
  • nanas
  • timun
  • pepaya (jangan yang terlalu matang)
  • kedondong
  • mangga muda manalagi (karena rasanya manis meskipun yang masih muda)
  • apel
  • tahu goreng

cara bikinnya

  1. Untuk bumbu rujaknya, tumbuk atau uleg semua bahan menjadi sadalam wadah sampau tercampur semua. Atur pedasnya sesuai selera aja.
  2. Untuk isian, cuci bersih semua buah dan kupas kulitnya.
  3. Potong kecil-kecil buahnya untuk penyajian.
  4. Bumbu rujak bisa diguyurkan di atas isian atau bisa disiapkan terpisah dan dicocol bersama isiannya.

Cukup simple dan tidak ribet untuk dikerjakan di rumah kan. Jadi..selamat mencoba…