Resep dadar jagung renyah

Siapa tidak suka dadar jagung? Atau barangkali sebagian orang menyebutnya dengan bakwan jagung. Masakan yang di beberapa tempat memiliki ciri khas masing-masing dengan aneka isian campuran sayur.

bahan-bahannya…

Nah, dadar jagung kali ini yang dibikin ala Jawa Timur-an, dan anak-anak suka sekali. Saya suka menambahkan isian aneka sayuran seperti wortel, sayur kol dirajang halus (jangan langsung terngiang lagu sayur koll ya…hahaha), wortel, tauge dan daun bawang. Ini jadi trik saya untuk ngasi sayuran anak-anak tanpa mereka bosan dimasak itu-itu aja.

Untuk membuatnya cukup mudah sekali, biasanya 2 jagung itu bisa dibikin menjadi banyak porsi untuk kami berempat (karena yang adek Umar masih ASI ekslusif, belum waktunya MPASI). Oke, bahan-bahannya di bawah ini ya:

  1. jagung manis 2 biji.
  2. bawang merah 5 siung.
  3. bawang putih 3 siung.
  4. daun jeruk purut 3-5 buah
  5. tepung terigu 3-5 sendok makan (pilih yang jenis protein tinggi, biar lebih renyah). Bagi yang suka renyah banget, bisa coba ditambahkan tepung jagung (1/2 sendok makan). Tapi untuk resep kali ini tidak saya tambahkan.
  6. telor ayam 1 butir, ambil putihnya aja. kali ditambahkan kuningnya, jadinya nanti lebih empuk, tapi saya suka yang renyah jadi pake putihnya aja.
  7. bawang daun 2 ruas, rajang halus. (oh iya, untuk yang suka agak pedas bisa ditambahkan cabe merah besar)
  8. wortel 1 buah, kupas dan parut tipis. alternatif lain bisa ditambahkan aneka sayuran seperti tauge, kol atau sayuran yang lain yang anak-anak suka.
  9. gula, garam dan lada secukupnya.

Cara membuatnya tidak ribet kok, seperti di bawah ini

  1. kupas dan cuci bersih jagungnya, kemudian iris tipis-tipis sampai bersih di bonggolnya.
  2. haluskan bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, gula, garam dan lada putih.
  3. masukkan jagung yang sudah diiris tadi ke dalam wadah, campurkan dengan bumbu halus tadi, untuk lebih cepat gunakan food processor (agar jagungnya tidak terlalu hancur) atau bisa juga di-blender (jagungnya jadi lebih halus). Mana yang suka terserah ibu-ibu aja.
  4. sebelum dicampurkan dengan tepung terigu dan putih telor, coba rasakan dulu apakah bumbu sudah pas.
  5. aduk-aduk rata agar tercampur sempurna tepung dan putih telor. Kemudian masukkan sayur-sayuran dan irisan daun bawang yang sudah disiapkan.
  6. untuk menggoreng, gunakan minyak dan panaskan pada api sedang agar dadar jagung matang merata sampai ke dalam.
  7. setelah digoreng, jangan lupa ditiriskan agar minyaknya berkurang.
  8. siap disajikan untuk cemilan anak-anak atau untuk tambahan lauk saat makan.
disajikan saat masih hangat..biar maknyus..

Anak-anak sangat suka sekali dadar jagung, apalagi masih hangat-hangatnya. Cara praktis agar tidak bosan makan sayur dengan menu-menu yang berbeda kan…

Selamat memasak 🙂