Sambel terasi maknyus

Siapa disini yang kalo makan ga pake sambel, mending ga makan ??? Sayaaaaa!!
Yap.. saya dan suami adalah penyuka sambel. Dari sambel bajak, sambel bawang, sambel terasi, sambel matah, sambel tomat. Kadang kalo lagi males bikin sambel, bikin yang simpel aja, ambil cabe cuci bersih diuleg tambahin garam dan kecap manis, jadi deh sambel kecap hahaha ..
Beneran, rasanya kalo makan ga pake sambel kaya numpang lewat aja itu makan. Ga berasa nyantol di lidah, kurang cetar. Hihi..

sambel terasi


Kali ini yang berhasil diabadikan adalah sambel terasi favorit. Kalo sudah ada sambel terasi begini, lauk apa aja bisa nambah berkali kali makannya .. beneran enak banget ini mah. Kadar pedes sesuai selera ya.. tinggal kurang atau tambahin cabenya aja. Kalo tomat lebih banyak biasanya lebih berair dan kecut dikit. Cuman ini karena tomat hasil dari kebun sendiri jadi rasanya manis. 

tomat cherry hidroponik


Tomat hasil kebun sendiri dengan sistem tanam hidroponik. Bibit tomatnya juga hasil dari ngebibit sendiri. Beberapa tahun silam saking penasarannya sama tomat cerry niat pake banget ke mall buat cari tomat cerry, teksturnya lebih crunchy dibanding tomat lokal dan rasanya lebih manis. Trial eror nyoba ngebibit sendiri. Biji-bijinya diambil trus dijemur sampek kering (bener bener kering ya), trus masukkan dalam wadah kedap udara, simpan dalam kulkas. Kalo mau ditanam ambil secukupnya dan tangan harus dalam keadaan kering ya, biar ga rusak bibitnya. Kapan-kapan kita bikin tutorial ngebibit tomat sendiri deh.. biar bisa swasembada tomat kita hehehe ….


Langsung ke bahan bahan bikin sambel ya: 

  1. Cabe rawit 10 butir
  2. Tomat 7 butir (aku pake yang kecil-kecil)
  3. Terasi 1 sendok teh
  4. Garam secukupnya
  5. Gula secukupnya
  6. Minyak goreng untuk menumis

Cara bikinnya:

  1. Tumis semua bahan sambel sampek warnanya matang, cabenya kecoklatan, tomatnya uda ga asem. 
  2. Angkat dan uleg atau tumbuk sesuai selera tingkat kehalusannya. 
  3. Plating deh ..

Selamat mencoba .. Jangan lupa bismillah sebelum makan. Okeh.. 
Happy cooking .. ^_^