Senja di Tepian Mahakam

Sebentar lagi musim libur semester sekolah akan tiba dan Melodi mempunyai waktu libur yang cukup banyak sampai nanti masuk di semester kedua. Saatnya mempersiapkan “bucket list” kegiatan untuk mengisi liburannya dia ini.

Alternatif pertama adalah jalan-jalan di sekitar Samarinda. Ada beberapa titik menarik, tidak banyak sih..tapi ada, untuk menikmati “soul” dari Kota Tepian ini. Yaa…Sungai Mahakam. Ini adalah nadi utama di kota Samarinda, sungai yang membelah dataran yang memisahkan wilayah utama Kota Samarinda dengan daerah Seberang, kita menyebutnya demikian.

Lokasi sore ini adalah salah satu spot favorit kami karena dekat sekali dengan rumah. Hanya membutuhkan 5 menit untuk sampai ke sana, tepatnya di Gunung Lipan di parkiran resto Lipan Hill. Ada gazebo yang memang disediakan sebagai ‘gardu pandang’ untuk melihat sungai dari ketinggian dan pemandangannya saat senja hari sangatlah woww….emejing!!

Kita dapat melihat sebelah kiri jalan utama Harapan baru yang cukup sibuk kendaraan berlalu lalang, dan obyek yang bagus untuk membuat foto ‘long exposure’. Persis di bawah kita terlihat tug boat dan tongkang yang terparkir berjajar dengan aktivitas lalu lalang jukung-jukung kecil dan juga mekanik yang sedang memperbaikinya. Dan yang utama kita bisa melihat sungai Mahakam yang memantulkan cahaya keemasan senja hari, dengan beberapa terlihat tongkang pengangkut batubara melewatinya. Memang tidak seramai 4-5 tahun yang lalu aktivitas mengangkut batubara di sore hari karena imbas bisnis batubara yang ‘lesu” sejak 3 tahun belakangan ini.

Sambil menikmati secangkit teh atau kopi panas, terasa sangat pas sekali menikmati senja yang cerah sore ini di tepian Mahakam. Hiburan yang mudah dijangkau oleh segala kalangan khalayak umum ya..

Dan juga masih banyak titik-titik menarik yang bisa kita lihat di sepanjang Tepian Mahakam ini, yang terkadang karena terbiasa dilewati jadinya tidak terlalu ‘terdeteksi’. Saatnya berhenti sejenak untuk menikmati sajian indah dari Kota Samarinda ini, yang tentunya tidak dapat kita nikmati pemandangan seperti ini di daerah lain kan…