Sampah sayuran enaknya diapain ya ?

Daun kering, layu atau terkena ulat di beberapa pot tanaman pada lajur pipa hidroponik harus rajin dibersihkan. Masalah baru muncul saat tumpukan sampah dari daun-daun ini mulai memenuhi bak sampah. Nah, muncul ide untuk membuat kompos dari sampah daun ini. Bagaimana caranya?

  1. Berbekal cangkul kecil, maka dibuatlah lubang di halaman depan dengan diameter 20 cm-an dan kedalaman 20 cm-an saja. Alatnya sudah mentok tidak bisa mencangkul lagi karena lapisan tanahnya keras banget.
  2. Saat lubang sudah jadi, masukkan sampah-sampah dedaunan tadi kedalam. Ditambah ada beberapa sampah daun pohon cerry depan rumah yang selesai dikumpulkan sama “acil sapu-sapu” tadi pagi.
  3. Tunggu sampai daun membusuk dan menjadi kompos. Dari beberapa literatur dibutuhkan waktu 2-3 minggu untuk kompos siap dipanen. Pas juga di depan rumah sudah ada polibag untuk media tanam bawang daun, bit merah, binahong dan beberapa tanaman lain yang suka kita coba-coba tanam.

Cukup tidak ribet bukan ?
Yuk, kita berdayakan sampah-sampah daun atau sayuran di rumah kita menjadi kompos.

update:

setelah dibongkar ternyata kurang berhasil pembuatan komposnya kali ini. Baru sadar kalo busa media tanam lupa dibuang, jadinya banyak busa ikut tertimbun. Kemudian penambahan daun cherry ternyata kurang efektif karena memperlama proses pembusukan daun sayurnya.

Jadi, akhirnya kita menimbun lagi sampah-sampah daun sayuran yang baru deh..tanpa menyertakan busa media semaian.